FALSAFAH ,VISI,MISI,DAN TUJUAN TP
A.
FALSAFAH
TP
“Agar setiap orang memperoleh kesempatan
belajar, baik sendiri maupun dalam ikatan organisasi, seoptimal mungkin melalui
pendekatan yang sistematik dan sistemik atas proses, sumber dan sistem belajar
sedemikian rupa agar tercapai efisiensi, efektivitas dan keselarasan dengan
perkembangan masyarakat dan lingkungan, ke arah terbentuknya masyarakat
belajar.”
Dalam sumber lain, dinyatakan bahwa falsafah teknologi
pendidikan adalah agar setiap orang diberi dan memperoleh pendidikan seoptimal
mungkin dan prosesnya berjalan sebaik mungkin, menggunakan aneka proses dan
sumber selaras sesuai dengan kondisi pribadi dan lingkungan sehingga tercapai
masyarakat belajar dan berpengetahuan (planning
sociality) hasil perencanaan.
Wujud penerapan filsafat teknologi pendidikan dalam sistem
pendidikan di Indonesia Filsafat teknologi pendidikan telah terwujud dalam
sistem pendidikan di Indonesia, wujudnya sebagai berikut:
1.
Pada masa kemerdekaan
tahun 1950, untuk mengatasi kesempatan belajar para pejuang yang terpaksa
meninggalkan bangku sekolah karena tergabung dalam pasukan tentara, maka
dihadirkanlah siaran radio untuk menyajikan bahan pelajaran,didirikan Balai
Kursus Tertulis Pengembangan Guru, Balai Alat Peraga Pendidikan yang sekarang
menjadi Pusat Pengembangan Penataran Guru Tertulis.
2.
Pada awal orde baru, dalam
PELITA I telah dicantumkan secara eksplisit kebijakan menggunakan radio
dan televisi untuk peningkatan mutu dan
pemerataan kesempatan pendidikan, sebagai contoh program pendidikan karakter
melalui serial televisi ACI (Aku Cinta Indonesia = amir, cici, ito).
3.
Dalam periode pembangunan
selanjutnya, berbagai bentuk penerapan teknologi pendidikan berkembang pesat.
Penerapan berupa pola / sistem pendidikan yang inovatif, contohnya sebagai
berikut :
a.
Sistem pendidikan terbuka
/ jarak jauh (SLTP Terbuka, Madrasah Tsanawiyah Terbuka, Universitas Terbuka,
Program KEJAR Paket A dan B).
b.
Proyek pendidikan melalui
satelit (Rural Satellite Project) di
perguruan tinggi wilayah Indonesia Timur.
c.
Penggunaan siaran radio
untuk penataran guru, sitem belajar mandiri untuk meningkatkan kualitas guru
yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga pendidikan dan pelatihan.
d.
Sistem pelatihan jarak
jauh yang pengembangannya dikoordinasikan oleh Indonesian Learning Work (IDLN) dan SEAMOLEC ( SEAMO Open Learning
Center ) berkedudukan di Pustekom
Diknas.
e.
Teknik /strategi
pembelajaran untuk belajar pemecahan masalah dan belajar aktif (problem solving and active learning
strategies and techniques).
f.
Paikem (Pembelajaran
aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) dan Paimo (Pembelajaran
aktraktif, interaktif dan motivatif).
g.
Pembelajaran alternatif
(model-model, cara belajar).
h.
Penyediaan dan pemanfaatan
sumber belajar.
i.
Partisipasi masyarakat.
j.
Pendidikan tenaga ahli.
Beberapa bentuk
penerapan ada yang sudah berhenti dikarenakan berbagai alasan kebijakan maupun
pendanaan. Akan tetapi penerapan teknologi pendidikan yang telah berlangsung,
menunjukkan perkembangan yang signifikan. Perkembangan itu masih harus
ditingkatkan lagi untuk menjangkau seluruh sektor pendidikan pada semua jenis,
jalur dan jenjang pendidikan termasuk pelatihan dan pengembangan sumber daya
manusia.
B.
VISI,MISI DAN TUJUAN TP
1.
Visi teknologi pendidikan:
“Terwujudnya berbagai pola pendidikan dan pembelajaran dengan
dikembangkannya dan dimanfaatkannya aneka proses dan sumber belajar sesuai
dengan kondisi dan kebutuhan.”
2.
Misi teknologi pendidikan:
a)
Dilakukan pendekatan
integratif dengan semua kegiatan pembangunan di bidang pendidikan dan
pengembangan sumber daya manusia.
b)
Tersedianya tenaga ahli
untuk mengelola dan melaksanakan kegiatan.
c)
Diusahakan pertambahan
nilai sosial-ekonomi.
d)
Dihindari adanya gejolak
negatif.
1)
Pendekatan sosial.
2)
Pendekatan agama.
3)
Pendekatan budaya.
4)
Pendekatan ke atas (pemerintah/meyakinkan
pemerintah)
5)
Pendekatan ke bawah.
e)
Dikembangkan pola dan
sistem yang memungkinkan keterlibatan jumlah sasaran maksimal, perluasan
pelayanan dan desentralisasi kegiatan.
f)
Dihasilkan inovasi sistem
pembelajaran yang efektif.
3.
Tujuan TP
Tujuan utama teknologi pembelajaran adalah untuk
memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi kegiatan pembelajaran. Teknologi
pembelajaran sebagai perangkat lunak (sofware technology) yang berbentuk
cara-cara yang sistematis dalam memecahkan masalah pembelajaran semakin canggih
dan mendapat tempat secara luas dalam dunia pendidikan (Suparman &
Zuhairi, 2004:345-346). Dengan demikian aplikasi praktis teknologi pembelajaran
dalam pemecahan masalah belajar mempunyai bentuk kongkrit dengan adanya sumber
belajar yang memfasilitasi peserta didik untuk belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar